Kamis, 29 September 2016

Camping dan Hiking di Lembah Ipukan, Gunung Ciremai, Part 2

My Trip My Adventure
 Bumi Perkemahan (Buper) Lembah Ipukan
Gunung Ciremai Kuningan, Jawa barat

Bahwa Tuhan menciptakan keindahan senja, ketika matahari membiaskan asa berganti bulan memancarkan kehangatan cahaya nya.





Buat yang kurang piknik, bisa memilih Buper di lembah Ipukan yg menawarkan keasrian dan kesejukan udara khas lereng Gunung Ciremai, sebagai sarana refreshing tubuh, dari penat nya rutinitas dan panas serta kotor nya udara yg kita hirup sehari2.

Buper Ipukan terletak di kawasan Dusun Palutungan, Desa Cisantana, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan, Jawa Barat.
Terletak di kaki gunung Ciremai Kuningan ketinggian 1200 – 1400 mdpl dengan luas sekitar 2 Ha.
Jarak Ipukan dari kota Cirebon sekitar 39,1 km

Menuju Ipukan bisa menggunakan motor mau pun mobil, karena akses jalan menuju Ipukan sudah terbilang tidak terlalu sulit, namun tetap harus hati2 di musim penghujan jalan agak licin beberapa ratus meter dari lokasi..disebabkan jalan belum ber aspal.

Menuju ke buper ini, patokan nya adalah Taman Cirendang di Kabupaten Kuningan (Kurang lebih 9,6 KM jarak dari Cirendang ke Ipukan), setelah menemukan Taman Cirendang berbelok lah ke kanan (jika dari arah Cirebon), akses jalan sangat bagus (ber aspal)..ikuti saja terus jalan besar ber aspal menanjak ini menuju arah Palutungan, nanti akan ada petunjuk arah menuju Ipukan...dan jalan ber aspal akan mulai menghilang ketika akan sampai di Buper Ipukan..pelan2 lah mengendarai kendaraan di jalur tak ber aspal ini.



Sebelum masuk ke kawasan Buper Ipukan..akan di kenakan biaya masuk 15rb/org di Pos registrasi.
Kalo saya sih udah kenal baik dengan teteh yang jaga di pos nya (istri penjual di warung langganan kami), datang ber 4 bayar nya untuk 2 org...hihi, atau jika sampai disana malam maka pos tidak ada yang jaga, maka kami akan bayar pada abah 60rb (3 malam utk 4 orang) makasih abah dan teteh yg baik :)

(Abah dan teteh adalah pemilik warung langganan kami di Buper Ipukan) 




Pada posting kali ini saya akan menggabungkan kunjungan pertama saya dan kunjungan2 berikut nya ke Ipukan.
So..silakan pusing baca nya karena menclak menclok cerita nya..suka2 dan seinget gw aja yaaa..haha.

Kunjungan camping pertama saya sudah pernah saya posting sebelum nya : http://senjadsee.blogspot.co.id/2016/09/my-trip-my-adventure-ipukan-gunung.html
yaitu bersama teman2 dan anak2...sekitar 18 orang.
Dari anak2, abg, dewasa, sampai aki2..ramai2 menggunakan motor...touring cerita nya sih....hehe.

Datang Jumat malam berkabut tebal, sedikit gerimis sebentar dan dingin mencekam...brrrrrrr, Kami camping 2 malam pada camping perdana kami di Ipukan.



Ada dua sisi yang bisa di pilih untuk menghabiskan waktu di sini. Sisi bawah dan sisi atas.

Kunjungan perdana, saya mengambil posisi di bawah untuk mendirikan tenda..karena ini camping perdana di Ipukan ditambah datang nya malam2, jadi ga tau ada sisi lain nya..gelap booo !

Pada pagi sampai sore hari..Di sini akan sajikan pemandangan puncak gunung Ciremai, bukit2, pepohonan nan rimbun, dan terlihat dari kejauhan Lutung berpindah dari pohon satu ke pohon lain nya. Keren bangetttt !
Kalo malam hari ?? Ga ada view yang bisa di liat kecuali tenda2, warung2 dan orang2..Selamat menikmati ketidak adaan nya view di malam hari..kwkw.
Tapi suasana akan lebih tenang karena jarang yang mendiri kan tenda di sisi bawah..jadi bisa ngalor ngidul sambil menikmati api unggun.
Kalo saya lebih memilih ngopi2 di warung a oman (anak nya abah, dan suami nya teteh yang saya ceritakan di atas tadi) 

Dan pada sisi bawah sangat dekat dengan kamar mandi, mushola serta warung...so don't worry..fasilitas umum ada kok..
Di warung banyak di sajikan berbagai minuman dan cemilan, dan juga ada gorengan, mie ayam, mie instant dll.
Buat yang hobi selfie2 dan upload2 udah pasti hp nya sering lowbat donk ???...ga usah kuatir, di warung bisa ngecas dengan biaya 3rb....klo saya sih selalu gratis ngecas di warung langganan sepuas nya + gratis sekresek gorengan hangat...alangkah baik nya keluarga di warung langganan..padahal mereka nge warung untuk cari uang, tapi masih sempat2 nya ngasih gratisan pada saya.

Thank you so much.. a oman, teteh, abah, emak, ibu dan antek2 nya yang selalu baik pada kami, dan menganggap kami seperti keluarga sendiri :) 

Ipukan bagian sisi bawah saat pagi hingga sore hari + tempat2 selfie nya








Kunjungan selanjut nya tidak di rencanakan.
Maksud hati mau liat anak saya yang laki lagi camping di Buper Sidomba dengan sekolahan nya...pas di perjalanan pulang (saya, suami, anak perempuan yang bungsu) jadi berubah pikiran pengen camping di Ipukan.
So....pergilah kami ke Ipukan tanpa persiapan apa pun..kecuali duit..nekad aja lah..hehe.  
Jumat malam berkabut sangat tebal menyulitkan pandangan ketika akan sampai ke buper Ipukan..tapi no problem lah buat kami.
Camping kali ini kami menginap 3 malam.


Pada camping yang ini, kami memutus kan memasang tenda di sisi atas.
Karena dadakan.. kami ga bawa tenda (padahal biasa nya juga kaga pernah bawa tenda, selalu nyewa di a oman..kwkw) dan ga bawa perlengkapan lain nya donk, tapi tenang aja..di Ipukan bisa menyewa tenda..tersedia di warung sekitar buper Ipukan..harga terjangkau, udah sama matras dan di pasangin tenda nya..pokonya tau beres deh !

Pada malam itu kami menyewa tenda untuk 2-3 orang...tapi begitu kami tidur rasa nya kurang nyaman..serasa pindang yang siap di santap oleh kucing garong (sempit2an, secara tidur anak kami motah alias ga bisa diem, muter2 kaya baling2 bambu nya doraemon), jadi keesokan hari nya kami mengganti dengan yang agak besar..kira2 bisa untuk 4-6 orang..tenda nya luas dan bagus (tapi tetap saja ada aksi baling2 bambu doraemon).

a oman sedang mendiri kan tenda

    
Jika ke tempat ini hari jumat sampai sabtu pagi masih terbilang sepi..hanya berdiri beberapa tenda saja, namun sabtu menjelang sore akan mulai banyak suara gerung2 motor yang datang, puncak keramaian nya adalah hari minggu.
Yang datang kesini bukan hanya yang camping saja....banyak yang datang hanya sekedar menghirup udara segar, menikmati alam pegunungan, ber foto2...trus pulang lagi.  

Ternyata saya lebih suka sisi atas buper Ipukan, lumayan nanjak dikit dari sisi bawah...cape juga kalo sering2 turun naik, karena fasilitas umum semua ada di sisi bawah.
Namun di atas alam lebih terbuka dan lebih luas...view sangat banyak yang bisa di nikmati..dan banyak signal HP tentunya...huhuhu bisa upload2 foto deh.
Di sisi atas menyajikan jajaran pohon pinus, bukit2, pepohonan, dan hamparan pedesaan yang terlihat nun jauh disana.

my hubby dan a oman ngalor ngidul menikmati pagi yang dingin 








Jika malam datang.. di sisi atas Ipukan, senandung lagu merdu bergitar dari sesama yang camping akan membuat kita ikut melantun...sangat syahdu jika sambil menikmati api unggun, taburan bintang dan kelap kelip lampu dari kejauhan pada hamparan di bawah bukit.
Jika kalian beruntung , bisa mendengarkan alunan gitar keren dari seseorang yang konon (kata a oman) si pemain gitar nya buta, dan si penyanyi nya berteriak2 kencang tapi kaga sumbang..setiap saya ke sana mereka selalu ada...(saya merasa tenggorokan gatal dan pita suara serasa ingin putus jika mendengar sang penyanyi sedang bernyanyi, namun bukan berarti tidak enak di dengar...justru saya salut ada suara seperti itu namun suara tetap konsisten dengan teriakan nya..aaaaaaaakkkkk).

Tapi kadang jadi ga bisa menikmati lagu karena candaan setiap yang camping ber sahut2an..tak bisa menikmati lagu tapi bisa tertawa2 mendengar ulah candaan mereka yang tidak akan kita temukan di perkotaan..#candaananakgunung



Tidak jauh dari buper Ipukan ada Curug Cisurian...lumayan untuk selfie2 dan bermain air...klo untuk anak2 sudah tentu senang.
Menuju curug Cisurian sulit tak sulit turun naik nya...walau pun ada beberapa jalan yang agak menyulitkan, tapi ga seberapa sulit kok...lumayan bisa melakukan trekking disini.







Selain Curug Cisurian terdapat juga Curug Cipayung.
Yang satu ini akses nya agak sulit karena jalan yang sempit dan terjal serta licin, harus extra hati2...bisa celaka kalo jatuh ke bawah..hiyyyyy.
Namun sudah di sediakan kayu2 untuk berpegangan serta kayu untuk kaki berpijak, jadi (agak) aman lah..
Menuju jalan sempit ini sebaik nya jangan pakai alas kaki apa pun, lebih baik nyeker aja deh biar ga kesulitan turun dan naik nya.
Sampai di tujuan...saya berpendapat lebih suka curug Cipayung, lebih menarik di bandingkan dengan curug Cisurian.
 
 



Setelah cape jalan2 ke curug...paling enak ber sleeping slonjor tentu nya..
Kalo udah begini cara paling enak buat refreshing yaitu ber Hammock ria.
Dan menyewa hammock lah kami di warung...sambil ngopi2 dan ngemil2 sebentar di warung.
Dan...setelah itu pasang hammock..but ngeliat kelakuan anak2 ber hammock ..hadeuuuuhhhh sampe di puter2 itu hammock..ga bingits deh...mereka senang ketawa2..saya yang deg2an...ahhh mending ga usah di liatin daripada nanti saya malah ngomel2 gombel.












Hari semakin sore..
Kami menyiapkan api unggun karena hari sudah mulai dingin...



Mencari kebahagian dgn cara yg sederhana..saat dapat menjadi diri sendiri ketika menyatu dgn alam.
Dengan cara sederhana tetap mengeluarkan uang, namun rasa nya berbeda ketika harus menghabiskan uang ke mall atau ber hura2 yg ga jelas..memakai atribut yg bikin ga nyaman, bergelut dgn udara panas dan kotor serta sumpek nya perkotaan.
Di sini lah....susah senang, dingin panas, cerah hujan, gelap terang, kenyang lapar... di nikmati dengan sangat sederhana...bersama alam.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar