Senin, 03 Oktober 2016

Hiking Palutungan Gunung Ciremai

Hiking Palutungan Gunung Ciremai (untuk pemula)

My Trip My Adventure (MTMA)
Long Hiking, Palutungan
Gunung Ciremai Kuningan, Jawa barat



Usia tak bisa di pungkiri, kekuatan sudah tak sama lagi seperti saat saya tak punya rasa lelah menghadapi berbagai rintangan.
Pembelajaran untuk diri sendiri apakah masih mampu melakukan nya, dan juga pada anak2 agar mereka tau bahwa ini loh seperti ini loh orang tua nya dulu..jangan hanya mendengar kan cerita kami, tapi bisa merasakan apa yg ada dalam cerita kami :)

Sehari sebelum hiking kami menginap semalam (camping), menikmati suasana malam pegunungan yang sangat cerah.
Menyalakan api unggun, ber hammock ria seperti biasa nya.
Cerita tentang camping, sudah saya posting sebelum nya di http://senjadsee.blogspot.co.id/2016/09/camping-dan-hiking-di-lembah-ipukan_29.html

Perjalanan kali ini saya beserta suami membawa 2 anak kami untuk hiking di Palutungan (Gunung Ciremai) Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat,
ketinggian 1200 – 1400 mdpl. 
Cuma hiking aja sekuat nya kami..sambil menambah pengalaman buat anak2, dan juga untuk mengukur kemampuan kami..masih kuat atau sudah loyo..haha.
Yang pasti sebagai sarana olahraga yang menyenangkan, menyehatkan tubuh dan menghirup udara bersih tentu nya.

Entah lah..faktor U (baca : usia) membuat tingkat kekuatiran saya meningkat tajam..hebat ya ??!!!...wewww.
Padahal jaman dulu saya ga ada takut2 nya..mau pagi siang malam, kemarau hujan gledeg sendirian di tengah hutan, tengah kuburan atau tengah2 lain nya..perasaan saya ga takut nya kalo lagi berhadapan dengan alam.

Tapiiiiii...kalo di dalam rumah udah pasti iyaaaa takuuuttt..saya adalah manusia penakut luar biasa dari lahir sampe sekarang jika sendirian di dalam ruangan (rumah)...ehhh sekarang udah agak mendingan kok..sejak punya anak penakut saya berkurang sedikit...sedikit loh yaaa..ga pake banyak..hebat ya ! :p
#jadicurcol 

Lanjut cerita hiking...Cape sudah pasti..ngos2an sudah jelas, tapi di bawa enjoy aja karena membawa anak2...(enjoy pun tetap ngos2an sih brayyy..).
Entah kami mengimbangi anak2 atau anak2 yang mengimbangi kami,  kami turun naik ga tau berjalan berapa jauh dan entah dimana, begitu banyak jalan setapak yang entah kemana arah nya, namun kami hanya berusaha mengikuti petunjuk di hutan.
Secara keseluruhan tak ada hambatan apa2..kecuali anak kebelet pengen buang air kecil dan persediaan minum menipis.

Untuk yang baru pertama kali ingin hiking di Palutungan Gunung Ciremai (dan gunung2 lain tentu nya)...sebaik nya bawa lah perbekalan yang cukup, terutama air minum.
Minum lah jika sudah benar2 haus, jangan sampai kebanyakan minum ga jelas karena bisa2 perbekalan minum habis dan ingin buang air kecil..malah bisa berabe.
 
Perbekalan bawa secukup nya di tas ransel, seperti jaket, roti atau sejenis nya, baju/celana ganti buat cadangan, obat2an dll...jangan bawa berlebihan karena akan merepotkan diri sendiri.

Berhubung memang cuma bawa ransel 3 biji dari rumah, maka yang membawa ransel adalah suami, dan 2 anak saya..saya mah bawa tas pinggang aja isi air mineral, hp, powerbank, tongsis dan printil2 lain nya...hihi.

 Bawa nya cukup segini aja buat anak2 (penampakan anak saya kok seperti tawon yaaa ?? haha)


Yang paling penting menurut saya.. pakai lah sepatu yang sekiranya paling nyaman dan tidak licin..dan jangan berpakaian yang ribet2..yang simple aja.

Sepatu yang saya pakai sepatu bagus dan tidak termasuk yang licin...merk Nike dengan harga lumayan tapi bukan buat hiking dan buat olah raga pun juga bukan..kira2 buat jalan2 model kekinian gitu..heuheu.
Dengan sepatu kekinian itu agak2 tersiksa juga karena kaki saya tidak tersangga dengan baik....kesimpulan nya biar sepatu bermerk kalo mau hiking ya pakai sepatu hiking donk ah..minimal sepatu kets olah raga...dasar emak2 harap di maklum ga punya sepatu hiking donk deh..

Jadi lah saya berpikir untuk harus memiliki sepatu kualitas bagus khusus untuk mendaki..merk eiger, snta, karrimor atau apa lah itu...haduhhhh kudu nabung lebih giat lagi secara mahal2 pisan dari ratusan ribu sampe jutaan..belum lagi keinginan saya beli tenda, carrier, sleeping bag, headlamp, tracking pole dll dll.. hiks. 

Sebelum melakukan perjalanan..banyak lah bertanya pada orang sekitar bagaimana rute dan kondisi di jalur pendakian.
Dan jangan lupa berdoa ya :)

Memang sudah banyak petunjuk, tapi sebagai pemula bisa saja membingungkan karena jalan setapak yang samar dan ada nya jalur motor trail yang mungkin membuat kalian bertanya2 nanti nya.
Inti nya...ingin lewat jalur mana pun, jangan lupa jalur pulang nya..dan berusaha untuk selalu mengikuti setiap petunjuk jalan.
Kalo lupa jalan pulang ?? tips paling mujarab adalah : ga boleh lupa jalan pulang donk ahhh, harus ingat jalan pulang..harus !! huhuhu...ga ngasih solusi banget deh gw.

Pokok nya jangan pernah panik jika merasa nyasar, panik akan membuat kita lupa jalan pulang.

Pengalaman pribadi soal nya..waktu jaman ikut pecinta alam di SMA..saya panitia team sar nya.
Pada acara jurit malam, ada satu perserta yang hilang...panik lah para panitia !
Pembina pengacungkan telunjuk nya kesana kemari..kamu ke arah sana ! kamu ke arah situ ! bla3 deh.....  
Singkat kata saya menuju kearah yang di minta pembina..malam gelap gulita saya berlari kecil sendirian...panik setengah mati..bukan karena saya takut karena sendirian..tapi takut memikir kan keberadaan si peserta nyasar.
Saya berlari di jalan setapak..sebelah kanan tebing kira2 setinggi 2x tubuh saya, di kiri aliran air selebar 1 meter..seperti selokan gitu deh.
Dalam kepanikan....byurrrr !! saya terjatuh ke dalam selokan..setengah kaki kiri masuk ke dalam selokan, dan tumit kanan pun masuk ke dalam selokan..hadeuuhhh mana gelap, dingin..sendiri pula.
Bergegas saya mengangkat kaki ke jalan setapak lagi...akibat jatuh jadi tambah panik..saya berlari kecil lagi sepanjang kira2 20 meter dengan sepatu dan celana yang basah, dan baru menyadari..oalaahhhh saking panik salah arah...haha.
Singkat cerita akhir nya peserta di temu kan pembina..dia salah jalan karena panik jadi tidak melihat petunjuk yang di berikan.


Satu lagi cerita kepanikan, pas jurit malam juga...pada malam itu saya udah sukses jadi pocong menakut2i adik kelas, setelah letih berpocong ria..saya serah kan tugas itu ke sesama teman pecinta alam.
Dan saya pun mengontrol daerah pemakaman umum. Pada saat itu karena gelap.
Saya jarang bawa senter karena selalu di bekali papa senter nan mempesona gede nya, cerita tentang senter telah saya cerita kan di posting yang ini : http://senjadsee.blogspot.co.id/2013/04/me-and-my.html

Saat akan melangkah saya terganjal gundukan, saya baru tersadar kalo itu kuburan (otomatis saya melihat kebawah...OMG nabrak kuburan !!)
Dan tiba2 saya merasa ada bayangan gelap (tepat di depan saya), melihat lah saya perlahan dari bawah ke atas......ooohhh nooooo....aaaaaawwwhhhhhhhhh tidakkkkkkkk !! tidaakkkkkkkkk !!
Seonggok bentuk tubuh manusia namun hitam tam tam tam tak berwajah, benar2 tepat di depan saya.
Secepat kilat tanpa pikir2 saya berlari (kearah bayangan tadi) dan menembus nya, dannnnn akhir nya tetap melangkahi kuburan, sambil berteriak  sekencang2 nya.
Jika memakai logika..kalo benda hitam itu manusia, maka ketika saya memulai aksi lari pasti bertabrakan dengan si hitam...tapi yang terjadi adalah saya menembus si hitam tadi (yang akhir nya menambah kepanikan saya semakin menjadi2).
Lari sekencang2 nya bak mengikuti kejuaraan Olympiade...daannn...brukkkk !!
Saya meloncat dari atas ke bawah (letak pemakaman ada diatas), ternyata di bawah pemakaman adalah lahan sawah kering.
Jika memakai logika lagi...dari atas pemakaman ke bawah sawah, sama tinggi nya seperti kita meloncat dari atas genteng rumah dengan kecepatan tinggi..tapi kok saya ga kenapa2 ya ??? Ruarrrr biasaaa !! sempat merasa melayang di udara laksana Superman ndeso.
Di sawah itu saya baru tersadar..kemana arah pulang ?? entah lah..saya panik, padahal yang cari jejak untuk jurit malam adalah saya dan teman2..bodoh nya seketika itu saya lupa tiada tara.
   
So....kesimpulan nya ? sudah jelas...karena panik jadi salah/lupa jalan. 

Selesai cerita panik nya, Sekarang waktu nya liat foto2 dulu yaaa..
(contoh2 petunjuk jalan saat hiking di Palutungan)
   





Saya memulai perjalanan mengarah ke arah jalur pendakian Ciremai.. 
200 meter pertama ke arah atas langsung ngos2an, tenggorokan kering kerontang bak hutan pinus di landa kemarau berkepanjangan trus terjadi kebakaran hutan..wekkksss.
Kaki terasa berat menyangga tubuh...huhhhh..padahal saya selalu rajin olah raga "MEMBABU"..nama nya emak2 ya olah raga nya membabu..beres2, nyapu, ngepel, nyuci, dll...huehehe, ternyata untuk mendaki ga cukup dengan olah raga membabu keleussss..

Tapi saya tahan berusaha tidak minum karena perjalanan masih panjang, takut persediaan air habis.  
Inti nya sih mikirin persediaan minum anak2..kalo punya saya habis gimana jika persediaan minum mereka habis.
Berbekal air mineral ukuran 600 ml..hanya seperempat botol nya saya minum hingga hiking selesai.

Dan menuju Hutan Pinus !!! Saya merasakan lebih bersemangat, haus pun hilang seketika, saat berada di dalam hutan merasakan suasana hutan yang rimbun, teduh, sejuk...tapi mulai menantang nyali penakut saya..
Mulai saya merasa ada hal2 yang tak enak secara di hutan senyap begitu..saya mulai banyak diam...sesekali berselfie untuk menghilangkan perasaan aneh tadi.
 


Dan bertemu lah kami dengan jalan setapak yang di hiasi bebatuan !! ternyata kaki saya masih sudi bersempit2an berada di pijakan nya...walau pun si sepatu kadang2 ga bisa diajak kompromi menyan menyon seperti mulut saya kalo lagi ngambek.

Ingat...banyak jalan setapak yang samar2 di jalur pendakian...think smart ya...jalur pendakian sudah di buat sedemikian rupa agar para pendaki ga nyasar...jadi jangan lewat jalan setapak yang samar2 karena jalur ini biasa nya di gunakan oleh penduduk setempat untuk memotong jalan.





Hal menyenangkan bagi saya adalah..ketika menemukan tanjakan terjal penuh bebatuan..sungguh tantangan tersendiri berada diantara batu2 untuk berpijak serta menggapai nya satu demi satu..jadi teringat jaman2 sekolah dulu, waktu ikut pecinta alam sering banget melakukan hal ini.
Beda nya..dulu masih gagah berani, kaga ada takut nya. 
Lahhh sekarang..udah emak2 loyo maksa berani pula..kasiaaann deh gw !

But..Lakukan ! Jangan takut ! 
Karena ketakutan lah yang membuat orang tidak berhasil.
Berpikir lah dengan logika...mana batu yang di pijak mana batu yang di gapai agar dapat sampai keatas dengan aman.
Bisa aja gw kalo ngomong yeeee...serasa pendaki profesional, padahal sepatu hiking aja kaga punya..kwkw.
Jadi menyesal merenungi nasib...pengen beli sepetu hiking biar tampak kekini2an..hohoho #tetepkekinian




Setelah entah berapa jauh kami berjalan, kami sempat beristirahat 2x setiap menemukan tempat duduk di tengah hutan yang biasa nya di pakai tempat pendaki beristirahat...foto2 dan minum sambil mengatur nafas.

Kami bersantai2 sejenak di sana, walau pun sebenarnya saya merasakan ada aroma aneh yang bikin tak nyaman di dua tempat yg berbeda tersebut...hmmmm...nama nya juga di tengah hutan.
Tapi entah lah kenapa hasil foto kami disana tampak cerah2 saja, padahal saya merasa disana rada2 sungil atau "keueung" kata orang sunda mah...
Saya tak nyaman..dan segera mengajak suami melanjutkan perjalanan.

So..lupa kan saja hal2 seperti itu jika kalian merasakan hal yang sama..tetap kan nyali jangan pernah ciut..eaaaaaa



Setelah merasakan letih, kami memutus kan utk turun kembali, penampakan kami sudah tak karua2an kumel, dekil, loyo, lempo, acakadut deh donk..

Kami menggunakan jalur lain ketika arah pulang, menuju ke perkebunan...Akhir nya merasa kan kembali suasana terbuka nan luas..tapi tak bisa mengurangi penampakan kami yang sudah super kumel...
Disana kami mengamati hasil kebun, seperti daun bawang, tomat, kol dll....ingin sekali rasa nya saya ambil....%#@&^%#@$@ arghhhh lupa kan !!


Setelah puas melihat2 di area perkebunan, kami pun kembali menuju perkemahan.
Dari kejauhan terlihat lembah di sebrang kami sudah di guyur hujan deras...saya merasa curiga itu hujan akan mendekat pada kami..apalagi mulai terasa setetes dua tetes air menempel di kulit.
Benar saja..sebelum sampai ke tujuan tiba2 hujan mengguyur lebat, dan kami segera berlari menuju warung langganan kami..disana kami berteduh dengan banyak orang.
Langsung memesan ini itu karena kami sudah lapar dan haus.
Saking ga sabar nya saya sampai bikin sendiri minuman coklat panas pesanan saya..serasa jadi yang punya warung gitu loh !
  
Alhamdulillah...dalam suasana hujan kami bisa bersantai walau pun harus berdesak2an dengan para abg labil..
.


Keletihan untuk menggapai sesuatu adalah sesuatu yg harus diperjuangkan.
Ada hal yg tak terbayar oleh apa pun juga ketika suatu pengorbanan membuah kan sesuatu yg bermakna.
Back to nature...banyak hal yg dapat di temukan di sana, bukan hanya sekedar menikmati kesejukan alam dan hamparan hijau nya, namun terjalin persaudaraan dgn orang yg bukan siapa2, yg mengerti bagaimana menghargai sesama dalam ikatan yg terjalin.



1 komentar: