Selasa, 27 September 2016

Pangandaran Trip & Adventure

My Trip My Adventure My Honeymoon
PANGANDARAN, Jawa Barat 




Saya bukan lah seorang penulis, tapi saya suka menulis..bakat terpendam yg gagal total.

Saya juga bukan lah seorang photograper atau foto model, tapi saya suka foto2..yang ini juga bakat terpendam yang gagal total..kwkw.

Di banding kan pergi ke mall saya lebih suka berpergian ke alam terbuka seperti pantai dan gunung..tempat saya bisa mengekspresikan diri..menjadi diri sendiri.
Kali ini saya ingin menulis tentang perjalanan saya bersama suami ke Pangandaran.

Perjalanan ini sebenar nya sudah tahun lalu, tepat nya 1 september 2015, tapi baru hari ini saya punya mood untuk menulis.

Jadi maaf2 aja kalo nanti banyak lupa nya..maklum udah 1 tahun yang lalu, ditambah2 faktor U (usia)..hehe

Kenapa ke Pangandaran?

Karena pantai ini yang paling dekat dengan kota tempat saya tinggal, dan pantai ini banyak memiliki sejuta petualangan dan keindahan.

Entah ini yang ke berapa kali nya saya ke Pangandaran, sudah sangat sering.

Tapi ini adalah perjalanan pertama saya "hanya berdua" dengan suami untuk honeymoon cerita nya sih :D (yang sebelum2 nya bersama pasukan..keluarga, sodara, teman).

Di awali dengan pergi subuh2..kami menggunakan motor...wuzzzzzz !!!


Kami pergi sangat sangat sangat santai sekali...menikmati tempat2 yang kami lewati...turun sana turun sini, mampir kesana kemari...daaannnn sejati nya perjalanan normal ke Pangandaran hanya memakan waktu 4-6 jam, namun kami sampai ke Pangandaran pun baru sore hari...12 jam perjalanan...gubrakkkkk !!

Sesampai nya di Pangandaran kami langsung cari hotel, langsung masuk begitu saja di hotel bertarif 350rb-500rb (Hotel Sunset ☆).
Hotel ini terletak tepat di depan pantai barat Pangandaran, akses kemana2 tidak sulit, karena di sebrang hotel terdapat warung, penjual oleh2 dll. 

Menurut saya lumayan nyaman banget, bagus dan bersih..tepat di depan kamar kami terdapat kolam renang berukuran sedang.

 
sumber (foto) : traveloka.com

Kami istirahat sebentar..lalu mandi dan langsung pergi menikmati sunset di tepi pantai, tepat di depan hotel tempat kami menginap.



Setelah itu kami dinner di area pantai timur...makan seafood tentu nya.
Di sini semua makanan laut ada, tinggal pilih dan ingin dimasak seperti apa.
Kami memilih menu kesukaan kami, ikan bakar, cumi goreng tepung, dan entah apa lagi...


Setelah dinner...kami jalan2 mengelilingi Pangandaran hingga letih dan akhir nya pulang ke hotel...ZzzzzzZz

Keesokan hari nya...Fresh rasa nya saat bangun tidur..langsung buka laptop dan kerja sebentar..sambil sarapan nasgor dari hotel.
Tetap harus bekerja nih..biar pulang dari pangandaran ga bokek..haha



Setelah sarapan dan beres kerjaan kami pergi ke pantai.
Menuju pantai, menyewa perahu menuju Pasir Putih.

Sebenernya bisa saja ke pasir putih lewat cagar alam Pananjung, berjalan kaki 300 meter.
Sepanjang perjalanan di cagar alam sungguh mengasyikan, melewati hutan sejuk nan alami, hamparan rumput yang luas, goa2 peninggalan sejarah dan pemandangan indah lain nya. 
Karena sedang kemarau, banyak rusa yang berkeliaran mencari makan mau pun minum di sepanjang pantai dan jalan di Pangandaran.

Sambil menunggu nelayan menyiapkan perahu, saya ngopi2 dulu di warung pinggir pantai bersama suami, dan tak akan saya lewati kesempatan bisa membidik rusa2 dari dekat.
 
Tapiiii... tentu nya kali ini saya memilih tidak melewati cagar alam, karena hari ini saya ga mau cape berjalan2 ria..saya ingin berasa jadi tuan putri sejenak.

Cape2 nya sudah di rencana kan untuk besok.


Sekitar 15 menit menggunakan perahu, sampai lah kami di pasir putih.
Lalu sedikit berkomunikasi dengan nelayan yang mengantar kami, bertukar nomer HP, agar bisa menghubungi bapak nelayan untuk menjemput kami ketika akan kembali ke pantai barat Pangandaran nanti.

Ahhhhhhh...nafas saya panjang sekali merasakan bebas nya udara dan menikmati suasana pantai yang indah.

Disana kami ditawari snorkeling...mau ga ya ???? saya berpikir sejenak.
Lalu saya putus kan : tidak !!! Toh saya sudah pernah snorkeling di pasir putih.
Tapi inti nya bukan itu...sebenar nya saya ga mau berbasah2an...saya punya modus terselubung datang ke pasir putih..hohoho.

Saya sudah mengidam2 kan berfoto2...berharap bisa bergaya sesuai dengan yang saya angan2 kan sejak masih gadis.

Dan ini lah pertama kali nya dalam hidup saya bisa bebas mengekspresi diri ber foto dengan gaya angan2 saya. 
Gaya nya ga banyak sih...tapi kan ga bisa saya ekspresi kan jika yang membidik bukan orang yang saya anggap tepat.
Nah...saya hanya merasa bahwa suami saya lah orang yang paling cucok dan mengerti keinginan saya ini.
Kalo nyuruh anak atau adik saya pasti di bilang gaya india lah..lebay bin alay lah..wewww.

But...entah karena saking cucok nya atau saking ga ada kerjaan.. suami saya malah kerajinan banget jeprat jepret tanpa saya sadari, bak paparazzi banget donk deh..

Sebelum pergi ke Pangandaran saya sengaja membeli baju kuning ( yang ada dalam foto di bawah)..dapet itu baju pun tanpa di sengaja. 
Waktu itu saya lagi ke salon...iseng2 liat2 baju yang ada di butik salon itu..ehhh kecantol sama si kuning.
Dengan harapan dan cita2 setinggi pohon toge..bisa mencapai keinginan saya berfoto dengan gaya angan2 saya..haha..lebay bgt.

Dan baju itu tak pernah saya pakai lagi setelah pulang dari Pangandaran..akhir nya saya kasih buat tante saya karena beliau sangat menginginkan nya :D 

Ini lah gaya angan2 saya, I like it !
Terserah mau pada bilang apa, pokok nya gw suka ! :p





Dan ini candid camera
Hasil jepretan paparazzi, suami sy





Di Pasir Putih kami betah, dari pagi sampai sore menikmati bebas nya alam ini menampakan keindahan nya, menyuarakan kemerduan nya...hingga tak mengenal waktu yang terus berputar.

Bermain2 dengan monyet2 di pasir putih....serasa bertemu teman2 lama, para monyet semasa saya SD di Kalimantan yang sering tanpa permisi berloncat2an di dapur rumah nyolong makanan..
Dan di pasir putih pun minuman kami di colong..glegggg...glegggg...tanpa rasa dosa si monyet menghabiskan isi nya....hadeuuuhhh.
 





Jika senja tak segera menyapa mungkin kami tak akan kembali.
Dan kami pun melangkah menyambut senja yang indah dengan hati damai tanpa beban sedikit pun.

Senja berganti malam, kami pergi ke sebuah cafe di pinggir pantai barat untuk dinner, dan sesudah nya menikmati betapa tinggi nya langit bertabur bintang, betapa riuh rendah nya suara deburan ombak dan betapa merdu nya suara melantun entah darimana..sensani yang mengasyikan menghabis kan malam di Pangandaran.

Hari kedua..setelah melakukan ritual sarapan dan bekerja...kami tancap gas ke Green Santirah untuk Body Rafting.

Santirah River Tubing  terletak di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Pangandaran, Jawa Barat. 
Dari Kota Pangandaran berjarak sekitar 15 km.

Saya lupa tarif yang di kenakan waktu itu..kalo ga salah 250rb-300rb untuk 2 orang (saya dan suami), dengan fasilitas pemandu, perlengkapan rafting, makan siang.

Santirah bisa menjadi pilihan yang tepat karena Sungai ini jarang diterpa banjir jika musim hujan seperti hal nya Green Canyon ataupun Green Valley, jika air pasang maka kedua tempat tersebut tertutup untuk wisata. Jadi jika yang lain terkena banjir/pasang, Bisa memanfaatkan sungai Santirah untuk tetap melakukan body rafting..di karenakan santirah sendiri berada di dataran tinggi.

Tempat yg indah..

Untuk menyusuri sungai ini jarak nya sekitar 1,5 Kilometer, butuh 2-3 jam mengarungi sungai, dari yang dangkal hingga yg dalam.

Di sini kalian akan di pandu oleh pemandu untuk menyusuri sungai santirah.. ada saat nya berenang bebas, berenang menggunakan ban, melompat, dan ada pula saat berjalan kaki.
Sepanjang sungai ini di hiasi ukiran alam yang mempesona, udara yang segar alami, pemandangan yang memukau, melintasi beberapa terowongan alam/goa-goa (goa kendang 15m, goa santirah 100m...dan goa ??..lupa lagi tentu nya...kwkw), air nya yang bening jernih kehijauan, dan beberapa air terjun yang berbeda2...wowww deh !

Tak lupa pemandu selalu setia dengan camera digital yang kami titip kan, menjepret setiap moment2 dengan sigap dan otomatis tanpa harus kami minta.
Malah beliau yang aktif bak pengarah gaya menyuruh kami berfoto disana sini...Good job Bro !!

 
 

Di sepanjang pengarungan sungai banyak tempat2 jebakan melompat..kalo sepintas terlihat tak masalah, tapi pas mau melalukan aksi lompat...eng ing eng.. sangat menguji adrenalin saya yang sudah tak muda berseri lagi..oohh nooo !!!

Terpaksa melompat lah..ga mungkin mau ngesot ..dimana jiwa harga diri petualang saya kalo ngesot..kwkw.




Di sini juga saya menikmati hal2 menarik lain nya, ketika memasuki goa2 nan gelap gulita.
Kadang bikin merinding, terpana, terpesona, serem, campur aduk rasa nya kaya nano2..yang pasti luar biasa menurut saya..menakjubkan takut nya ! 
Saya berpikir...mana ujung goa nya kok ga nyampe2 ?  gimana kalo ada penampakan ? gimana kalo saya ketinggalan sendirian disini  ? Lebay banget sebenernya..karena ga mungkin ketinggalan..secara saya menggunakan ban berjejer saling berpegang dengan suami dan pemandu.

Tapiiii...beberapa goa pun menampakan keindahan nya...sangat mempesona, memancarkan cahaya yang sulit saya gambarkan ..goa yang tidak menampakan kegelapan tentu nya...liat sendiri foto nya, dan bayangkan hal yang sulit saya gambar kan tadi.
Sisi kanan kiri goa sangat menakjubkan...kali ini benar2 menakjubkan..kaga pake takut.

Dan kami pun berenang2 penuh semangat 45...MERDEKA !



Di sesi terakhir..akan di tawar kan oleh pemandu meloncat jauh dari atas goa ke bawah sungai..jauh lebih parah dari yang tadi lompat nya nihhhh !! Ngesot ga bisa, merayap ga bisa, merangkak pun tak mungkin..deuuhhh.
Tempat ini cocok untuk yang hendak menguji adrenalin saat finish, melompat setinggi 4 m dan 7 m, itu pun kalo kalian berani..hehe.
Harus berani donk....rugi kalo ga merasakan sensasi adrenalin yang satu ini...huffff.

Saya nekat memberanikan diri.. because melihat dari bawah ke atas rasa nya gampannngg lah..segitu mah cetek masa ga berani ?? gw gitu lohhh !!

Namun setelah sampai di atas melihat ke arah bawah sungai..wowww..OMG kok ngeri ya ?? idiiihhh kok dasar sungai nya keliatan ya, padahal kan itu sungai dalam banget ?? Kalo saya nancep di dasar bebatuan gimana ??? aaarrrggghhhhh.
Nyali saya turun naik turun naik..berani ga berani ga..BERANI !!!! Terjun lah saya....jantung serasa mau copot...gleserrrrr rasa nya....dan yeyyyyyy berhasiiilllll !! Hati saya riang gembira seperti Dora..berhasil berhasil Horeee !!!!

Sebenar nya saya ingin mengulangi lagi sensasi jantung copot tadi...tapi di pikir2 kok males banget turun naik nya..jadi saya urung kan niat.
 
Aneh...tak ada rasa cape sedikit pun, saya enjoy dan menikmati alam kanan kiri yang indah.
Happy and happy, Fresh fresh fresh banget rasa nya...dan saya sangat ingin kembali ke tempat ini lagi jika Tuhan memberi kesempatan :)

Setelah melompat, selesai lah acara mengarungi sungai, Kami berjalan kaki menuju tempat awal kami Body Rafting, wuuuffffff lumayan jauh juga, tapi letih tak terasa karena saya seperti merasakan kembali kemasa lalu saat sering long hiking di gunung.

Sesampai nya kami istirahat sebentar dan lalu mandi...selesai mandi sudah di hidang kan makanan dengan menu sederhana...namun luarrrrrr biasaaaa nikmat nya minta ampyuuunn..berasa pengungsian belum makan 1 minggu !
Entah benar2 nikmat atau karena sudah berenang cukup lama di sungai, pokok nya kami lapar, kata org sunda mah salatri ! ..saya tak peduli, pokok nya nikmat we lah !
Sajian nasi liwet, ikan bakar, tempe goreng tepung dan kecap dicampur cabe rawit..mantabbbb.

Selesai saja kah trip hari kedua ini ? tentu tidak.
Setelah body rafting kami langsung tancap gas ke Batu Karas Beach.
Ngopi dan ngemil2 menikmati sore yang indah dengan angin semilir sepoi2 di Batu Karas Beach.
Seperti di Bali rasa nya karena di pantai ini banyak banget bule..hehe.

Di Batu Karas gelombang laut nya bersahabat, pantainya landai membuat setiap yang datang betah berada di kawasan ini. 
Pantai ini terletak di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang dengan jarak ± 34 km dari Pangandaran. 
Kalo jarak Santirah ke Batu Karas saya ga tau..itung aja sendiri ya :p






Setelah puas di Batu Karas saya kembali ke hotel menjelang senja, istirahat sebentar lalu dinner dengan menu kesukaan saya, sama dengan hari pertama tapi beda ikan nya..hehe, dan sesudah itu jalan2 di area komplek pantai Pangandaran..puter2 naik motor dengan suami..mondar mandir ga karu2an kesana kemari ga jelas..


Hari terakhir....rencana nya setelah beli oleh2 kami mampir sebentar ke Pantai Karapyak, lalu langsung pulang ke kampung halaman, wuzzzzzz !!

Tapi rencana tinggal rencana, tiba2 kami merasa ingin ke Green Canyon, dan berangkat lah kami kesana....wuzzzzzz !!


Naik perahu menyusuri Green Canyon...menikmati indah nya ciptaan yang Kuasa.
Walau pun tempat ini sudah sering saya kunjungi..tapi tetap aja saya bersemangat melihat panorama di kanan kiri sungai !



Sudah puas jalan2 di Green Canyon lalu pulaaannnggg ke Hotel ? ya iya lah pulang ke hotel..mau kemana lagi ???

Eiiitttsss..tapi ternyata di perjalanan menuju hotel saya terpasung rasa penasaran untuk mampir dulu ke Batu Hiu Beach.
Kenapa penasaran ?
Entah lah, setiap ke Pangandaran kok rasa nya selalu takut jika berada Batu Hiu.. I don't Know.
Karena itu ketika melewati Batu Hiu saya minta suami saya membelokan motor untuk ke Batu Hiu..mungkin kali ini tidak akan takut lagi, itu yang ada di pikiran saya.
Dan....ya ya ya..pikiran hanya tinggal pikiran...ternyata saya masih takut juga berada di sana, rasa nya beda aja dengan pantai2 lain..selalu bikin bulu kuduk saya turun naik, pantai yang ini agak nakutin bagi saya..keueung kata orang sunda mah.
Padahal sebenar nya pantai ini indah, kalo ga percaya silakan liat foto2 nya.

Di Batu Hiu kami foto2 sebentar dan saya langsung minta pulang pada suami...hiiiyyyyy.



Akhir nya kami pulang ke hotel ambil tas, dan langsung capcusss ke Karapyak Beach...wuzzzzzzz !


So Beautiful....rencana nya cuma mampir sebentar, ehhhh betah.
Sampe sore deh di Karapyak.
Tenang dan nyaman banget di Karapyak karena jarang sekali orang..serasa pantai milik berdua.
Deburan ombak nya kecil..angin gemulai menerpa tubuh...ohhh indah nyaaa !

Saya menyusuri pantai mencari kerang2...bermain di air pantai yang dangkal sambil memandang ikan2 kecil diantara bebatuan karang..
Sedang kan suami saya asyik dengan profesi baru nya menjadi paparazzi, selalu membidik saya dari kejauhan..







Senja mulai menampakan diri, kami harus segera pulang agar tidak terlalu larut sampai di rumah, Wuzzzzzzzzzzz....balik ke rumah.
 

Alhamdulillah...perjalanan yang menyenangkan..Tx God :)

Bahwa Allah menciptakan alam semesta isi nya utk di nikmati dan di pelihara..bukan untuk di rusak.
Tak ada keindahan yang bisa melebihi ciptaan NYA.
Saya tertunduk untuk bersyukur atas karunia yang telah Allah berikan.
Dan saya tengadah menikmati perjalanan malam bertabur bintang sambil ber nyanyi2 senang di pekat nya malam..saking pekat nya kami sampe nyasar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar